Penyebab GPU Load 99% Saat Bermain Game

Saat mencoba VGA (GPU) yang baru saya beli, saya mencobanya untuk bermain game Dota 2. Kemudian setelah saya install software MSI Afterburner, saya terkejut melihat GPU load dari VGA saya ini sampai 99%.

Apakah karena saya setting rata kanan? Ternyata tidak juga. Saya sudah mencoba mengubah pengaturan ke rata tengah, hasilnya sama saja, GPU load dari VGA saya ini tetap bertahan di 99%. Apa penyebabnya?

Penyebab GPU Load 99%

Full load pada VGA umumnya dikarenakan VGA yang bekerja keras untuk memainkan game dengan grafis tinggi atau saat melakukan rendering video dengan berbagai efek tambahan dan beresolusi tinggi.

Padahal sebelum mengganti VGA, saat saya masih menggunakan GTX 650 untuk bermain game Dota 2 di setting rata tengah, itu hanya sampai 70–80% GPU load saja. Sekarang saya menggunakan GTX 1650, kenapa setting rata tengah membuat GPU saya bekerja di atas GTX 650, yang di atas kertas dan hasil tes memang kalah jauh dari GTX 1650?

Penyebab GPU Load 99% Saat Bermain Game

Ternyata bukan GPU atau VGA saya yang bermasalah, akan tetapi settingan rata kanan dan saya centang semua efek dan fitur settingan video di game tersebut, saya lupa mengaktifkan yang namanya VSync.

Apa itu Vsync?

Dari sumber yang saya baca, VSync atau Vertical Sync adalah sebuah teknologi di mana frame rate (FPS) di sebuah game disamakan dengan Refresh Rate Monitor yang kita miliki. Berarti VGA kita akan menyinkronkan frame rate dan refresh rate tersebut.

Cara Mengatasi VGA Full Load Saat Bermain Game

Pastikan dulu game yang kita mainkan, apakah memang game yang tergolong ringan, menengah atau berat bagi VGA yang kita gunakan. Apabila game tersebut tergolong ringan untuk VGA yang kita gunakan, solusi dari saya adalah:

  • Ubah setting grafik ke rata kiri.
  • Mengaktifkan fitur VSync (sangat berpengaruh).

Berikut adalah bukti dengan mengaktifkan VSync bisa menurunkan GPU yang full load secara drastis di game yang saya mainkan (Dota 2).

Vsync

Setelah VSync diaktifkan, load GPU turun dari 99% ke 39%, begitu juga dengan CPU load-nya. Akan tetapi, FPS yang tampil akan stabil di 58-60 FPS.

GPU load turun

Jika kita matikan fitur VSync, FPS yang tampil di software MSI Afterburner ini akan sampai di atas 200 FPS.

Bahaya GPU Full Load Berkelanjutan

Dari berbagai forum diskusi yang saya baca, rata-rata menyebutkan GPU full load (90-100% load) bisa membuat VGA yang kita gunakan menjadi cepat rusak. Banyak yang menyarankan agar menurunkan setting grafis ke rata kiri atau mencoba memainkan game lain.

Penutup

Itulah penyebab dan solusi GPU yang full load hingga 99% saat bermain game. Mungkin pengunjung blog ini ada yang bisa menjelaskan lebih jelas kenapa dengan mematikan fitur VSync bisa membuat VGA load naik drastis saat bermain game. Terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *