Cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar, dan berantakan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016

Setpoin.com – “Cegah Spasi Berantakan dengan Microsoft Word: Atur Lebarnya, Disesuaikan Penempatannya!”.ini akan menunjukkan cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar, dan berantakan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan. Dengan Microsoft Word, Anda dapat mengatur dokumen untuk membuatnya terlihat rapi dan mudah dibaca. Namun, ketika Anda menggunakan Microsoft Word, Anda mungkin akan menemukan bahwa ada masalah dengan spasi antar kata atau baris yang berantakan. Ini bisa menyebabkan dokumen Anda terlihat tidak rapi dan tidak nyaman untuk dibaca. Dalam panduan ini, kita akan melihat cara mengatasi masalah spasi berantakan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Setelah membaca panduan ini, Anda akan bisa mengatasi masalah spasi berantakan dalam dokumen Microsoft Word Anda.

Cara Mengatasi Spasi Berlebihan di Word 2007

 

1. Pada Word 2007, klik tab Pengaturan Halaman di dalam tab Rumusan.

2. Di jendela yang muncul, pilih bagian Paragraf.
3. Di bawah pilihan Penyesuaian, pilih opsi Spasi yang berlebih.

4. Pilih opsi yang sesuai untuk mengatur jarak antar baris.

5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

6. Gunakan tombol Ctrl+H untuk membuka jendela Pengganti.

7. Di kotak Cari untuk, ketik tanda spasi berlebih.

8. Di kotak Ganti dengan, ketik spasi satu kali.

9. Klik Ganti Semua untuk mengganti semua spasi berlebih dengan satu spasi.

10. Klik Tutup untuk menyelesaikan proses.

Panduan Untuk Menormalkan Spasi Berantakan di Word 2010

1. Pilih teks yang ingin diformat untuk menormalkan spasinya.

2. Klik tab “Home” di Ribbon Word 2010.

3. Klik ikon “Paragraf” di bagian atas Ribbon.

4. Pada jendela “Paragraf” yang muncul, temukan opsi “Spasi” dan pilih “Normal”.

5. Klik “OK” untuk mengonfirmasi pemilihan dan kemudian teks akan diatur dengan spasi normal.

Cara Menyederhanakan Spasi yang Terlalu Jauh di Word 2013

Untuk Menyederhanakan Spasi yang Terlalu Jauh di Word 2013, gunakan tombol Ctrl+H. Pada jendela yang muncul, pilih tab ‘Pengganti’ dan masukkan dua ruang kosong ( ) pada kotak ‘Cari’. Kemudian, masukkan satu ruang kosong ( ) pada kotak ‘Ganti Dengan’ dan klik tombol ‘Ganti Semua’. Ini akan menyederhanakan spasi yang terlalu jauh dan mengubahnya menjadi satu ruang kosong.

Tips dan Trik Untuk Menyederhanakan Spasi di Word 2016

1. Gunakan Tombol Backspace: Tekan tombol Backspace pada keyboard Anda untuk menghapus satu karakter ke kiri dari kursor Anda. Ini akan menghapus spasi yang tidak diperlukan dan membuat teks Anda lebih rapi.

2. Gunakan Tombol Delete: Tekan tombol Delete pada keyboard Anda untuk menghapus satu karakter ke kanan dari kursor Anda. Ini juga akan menghapus spasi yang tidak diperlukan.

3. Gunakan Fitur Autocorrect: Fitur Autocorrect pada Word 2016 dapat membantu Anda menghapus spasi yang tidak diperlukan. Untuk mengaktifkan fitur Autocorrect, buka Tab File > Opsi > Proofing > Autocorrect Options. Aktifkan opsi “Replace Text as You Type”, lalu masukkan spasi yang tidak diperlukan dalam kotak “Replace” dan masukkan spasi kosong dalam kotak “With”.

4. Gunakan Paragraf Formatting: Gunakan fitur Paragraf Formatting untuk memastikan bahwa semua paragraf, subjudul, dan item lainnya dalam dokumen Anda memiliki jumlah yang tepat spasi setelah masing-masing baris.

5. Gunakan Opsi Clear Formatting: Jika Anda ingin menghapus semua spasi dari sebuah paragraf, gunakan opsi Clear Formatting. Caranya adalah, klik paragraf tersebut, lalu klik tab Home > Clear > Clear Formatting. Ini akan menghapus semua spasi yang tidak diperlukan.

6. Gunakan Fitur Find and Replace: Fitur Find and Replace dapat membantu Anda mengubah spasi yang tidak diperlukan dengan cepat. Caranya adalah, pilih paragraf yang ingin Anda ubah, klik tab Home > Replace, lalu masukkan spasi yang tidak diperlukan dalam kotak “Find What” dan masukkan spasi kosong dalam kotak “Replace With”. Klik “Replace All” untuk mengganti semua spasi yang tidak diperlukan dalam paragraf tersebut.

Cara Mengatasi Spasi yang Berlebihan dan Berantakan di Semua Versi Word

1. Pertama, cobalah untuk mengatur ulang penggunaan spasi dengan mengklik tab “Page Layout” di menu utama.

2. Kemudian, pada tab “Page Layout”, pilih opsi “Paragraph” di bagian kiri yang akan membuka jendela Paragraph.

3. Di jendela Paragraph, pilih pengaturan “Spacing” dari tab “Indents and Spacing”.

4. Setelah itu, pilih agar Word tidak menggunakan satu baris spasi antar paragraf, tetapi menggunakan titik tiga (3) untuk memisahkan paragraf.

5. Selanjutnya, periksa opsi “Line Spacing” di bawah tab “Indents and Spacing”. Di sini, Anda dapat memilih opsi “Multiple” setelahnya, lalu pilih angka 1,15 dan klik OK.

6. Setelah mengatur ulang pengaturan spasi, gunakan tombol “Replace” di menu utama untuk menemukan dan mengganti spasi berlebihan dan berantakan dengan satu spasi kosong.

7. Akhirnya, jangan lupa untuk menyimpan dokumen setelah selesai.

Kesimpulan

Kesimpulan dari cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar, dan berantakan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 adalah bahwa beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah dengan mengatur lajur teks, menggunakan tombol ‘Apa yang baru’, menggunakan opsi ‘Hapus Spasi’, menggunakan opsi ‘Ubah Spasi’, dan menggunakan opsi ‘Batas Spasi’. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan opsi ‘Format Spasi’ dan ‘Format Paragraf’ untuk mengatur lebar paragraf dan spasi di Microsoft Word. Semua opsi ini dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *