Cara Hapus Software yang Tidak Ada di Apps & Features (Windows)

Bingung dengan cara hapus software yang tidak ada di Apps & Features? Umumnya, ketika ingin menghapus program/software/aplikasi di Windows, kita harus menuju menu SettingsAppsUninstall Program. Namun, apa jadinya jika program yang terinstall tersebut tidak ada di list Uninstall Program?

Tenang, Anda tidak perlu panik. Aplikasi atau program yang tidak terbaca di menu Uninstall Program bukanlah virus atau program bermasalah. Kita tinggal mencari folder instalasi dari software yang akan dihapus, dengan begitu kita bisa menghapus software tersebut dengan benar.

Menghapus Software yang Tidak Ada di Apps & Features pada Sistem Operasi Windows

Berikut adalah tutorial menghapus software yang tidak ada di Apps & Features pada sistem operasi Windows:

  • Pastikan program/software tersbut tidak ada di Apps & Features.
Hapus Software yang Tidak Ada di Apps & Features
  • Cari shortcut program yang akan dihapus di desktop atau di kolom pencarian. Setelah itu, klik kanan pada icon program tersebut dan pilih Open file location.
Open file location
  • Kita cari file dengan nama unins/uninstall/remove, tiap program mempunyai nama file yang berbeda untuk menghapus keseluruhan program tersebut. Pastikan file yang dibuka berekstensi .exe atau dengan tipe Application.
Uninstall
  • Biasanya akan muncul pop-up atau notifikasi untuk memastikan apakah kita benar-benar ingin menghapus program tersebut. Klik Yes untuk menghapus program tersebut.
Klik Yes
  • Selesai! Kita berhasil menghapus program di luar Apps & Features.

Penutup

Sekian cara hapus software yang tidak ada di Apps & Features pada sistem operasi Windows. Terkadang kebanyakan orang mengira menghapus shortcut sudah menghapus program yang ada di Windows, akan tetapi tidak seperti itu cara yang benar menghapus program/software/aplikasi di Windows.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *