Cara Format Flash Disk di Windows

Flash Disk merupakan media penyimpanan data atau file yang bersifat portable. Saat ini, flash drive sudah memiliki ruang penyimpanan hingga ratusan Gigabyte. Umumnya, flash disk digunakan untuk menyimpan file seperti dokumen dan data penting lainnya yang berukuran kecil.

Karena sifatnya yang portable, kebanyakan orang asal tancap sana sini yang membuat flash disk rentan terinfeksi virus dari perangkat lain, apalagi perangkat komputer di warnet.

Di saat flash disk kita terkena virus, sebaiknya kita backup data yang bisa diselamatkan dan segera melakukan format pada flash disk yang terinfeksi tersebut.

Tutorial Format Flash Disk di Windows

Jika flash disk yang akan di-format terinfeksi virus, alangkah baiknya Anda melakukan format di perangkat komputer/laptop yang sudah terpasang dan terlindungi Antivirus. Berikut adalah langkah-langkah format flash disk di Windows:

  • Buka File Explorer atau My Computer di laptop/komputer Anda.
My Computer/File Explorer
  • Kemudian klik kanan pada flash disk yang terinfeksi, kemudian pilih Format.
Format Flash Disk di Windows
  • Klik Restore device defaultsVolume label bisa diisi dengan nama flash drive tersebut (sesuai selera Anda) atau dikosongkan saja. Jika sudah, klik Start.
Start Format Flash Disk di Windows
  • Selesai! Format flash disk berhasil dilakukan.

Penutup

Itulah cara format flash disk di Windows dengan mudah. Usahakan saat proses format sedang berlangsung, jangan sampai koneksi flash disk tersebut terputus, dikarenakan dapat membuat flash drive menjadi rusak atau corrupt.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *