Cara Cek Suhu Komponen Laptop/Komputer

Suhu pada komponen atau hardware sangatlah berpengaruh pada performa komputer tersebut. Anda harus rutin melakukan cek suhu komponen laptop/komputer yang digunakan, guna memantau apakah suhunya masih dalam batas wajar atau tidak.

Jika komputer/laptop overheat (kelewat panas), biasanya akan hang, bluescreen atau restart dengan sendirinya.

Kita bisa menjaga suhu pada komponen laptop atau komputer kita dengan cara mengecek apakah sirkulasi udara pada laptop atau komputer kita sudah baik atau belum. Apabila kipasnya mati, kita harus segera mengganti atau melakukan servis pada kipasnya, agar suhu pada komputer atau laptop kita tetap terjaga.

Untuk mengecek suhu komponen laptop/komputer, kita bisa menggunakan sebuah software yang bernama HWMonitor. Dengan software HWMonitor, kita bisa mengecek voltase, temperatur, kecepatan kipas dan lainnya.

Mengecek Suhu Komponen Laptop/Komputer

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek suhu pada komponen komputer/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows:

  • Download software HWMonitor di CPUID.
  • Klik tombol DOWNLOAD NOW! untuk memulai download file installer HWMonitor.
  • Jika proses download sudah selesai, selanjutnya kita buka installer software HWMonitor tersebut.
  • Kita tinggal klik Next, Next dan Next.
  • HWMonitor siap digunakan untuk mengecek suhu komponen atau hardware komputer/laptop kita.

Cara Cek Suhu Komponen Laptop/Komputer

Penutup

Itulah cara mengecek suhu komponen laptop atau komputer. Pastikan kita mengetahui berapa suhu rata-rata komponen pada perangkat yang digunakan, guna meminimalisir kemungkinan kerusakkan akibat overheat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *